5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Manusia

Siapa yang tidak mengenal daun pepaya? Pasti semuanya sudah mengenal apa yang dimaksud dengan daun papaya dan bentuknya. Daun pepaya memiliki warna hijau muda saat masih muda namun berwarna hijau pekat ketika sudah tua. Pohon pepaya sendiri memiliki bentuk menjulang dan memiliki beberapa jenis. Jenis pepaya yang sering dimakan dan dijual di pasaran adalah pepaya jingga. Nah kalau manfaat buah pepaya sudah tak dapat dijelaskan lagi, banyak sekali manfaatnya. Namun kalau daunnya? Manfaat daun pepaya juga tak kalah hebat lho. Namun manfaat daun pepaya belum banyak diketahui karena rasanya yang pahit. Apalagi kalau mengolahnya kurang tepat.

Nah kalau anda yang doyan banget dengan yang namanya sayur mayur hijau, jangan melewatkan sayur dari daun buah pepaya ini. Rasanya yang pahit justru mendatangkan banyak manfaat lho bagi tubuh kita. Kalau anda malas pergi ke pasar atau supermarket hanya untuk membeli papaya atau daunnya, ada baiknya untuk menanam sendiri tanaman papaya. Manfaat daun papaya ini sangat ampuh bagi kesehatan tubuh. Kalau tak sempat menanam karena keterbatasan lahan ataupun karena keterbatasan waktu anda bisa membeli. Harganya yang amat terjangkau membuat papaya mudah didapatkan di mana mana. Seperti di pasar, toko buah, atau supermall.

Manfaat daun pepaya sangat banyak. Bagi yang tak suka dengan papaya, jangan tak suka dengan daunnya. Daunnya memiliki kandungan zat yang baik sekali bagi tubuh. Yuk, kita simak saja apa saja sih manfaat daun pepaya bagi tubuh kita:

1. Obat untuk Jerawat

Siapa sih yang tak jengkel kalau memiliki masalah dengan jerawat? Tentu semua orang akan sebal dengan datangnya jerawat di muka. Jadi intinya, jangan panik kalau sedang muncul jerawat. Ada cara tertentu dalam menghilangkan jerawat secara alami. Manfaat daun pepaya dapat menyembuhkan jerawat secara aman. Caranya sangat mudah sekali. Ambil beberapa lembar daun papaya yang kemudian dicuci secara bersih. Setelah itu tumbuk daun pepaya agar menjadi halus. Setelah itu berikan sedikit air agar encer. Kemudian buat masker pada wajah. Nah, sungguh sangat mudah bukan? Kemudian anda bisa mengulanginya setiap hari sampai jerawat sembuh.

2. Obat Demam Berdarah

Nah, kalau anda atau sanak keluarga sedang sakit atau sedang terkena gejala demam berdarah, ada baiknya untuk menghilangkan atau menyembuhkannya dengan daun pepaya. Manfaat daun pepaya yang kedua ini bisa untuk penderita demam berdarah. Kenapa daun papaya bisa menyembuhkan demam berdarah? Karena di dalam daun papaya terdapat senyawa yang bisa menetralisir zat penyebab demam berdarah. Caranya adalah merebus daun pepaya bersih dengan air yang dicampur dengan temulawak. Ambil air rebusan yang telah disaring kemudian minum secara rutin.

3. Zat Anti Kanker


Bagi yang menderita kanker atau ingin menghindari kanker cobalah mengonsumsi daun papaya. Manfaat daun pepaya sangat besar terhadap kesehatan. Di dalam daun pepaya terdapat zat putih semacam susu yang dipercaya mampu mengurangi anda terkena kanker. Sungguh sangat mengejutkan bukan? Makanya jangan hanya mengonsumsi makanan cepat saji aja. Cobain deh kedahsyatan dari manfaat daun pepaya ini. Manfaat daun pepaya memang luar biasa.

4. Menyehatkan Pencernaan


Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah bisa menyehatkan pencernaan. Pasalnya dalam daun pepaya terdapat zat karpain yang bisa membasmi mikroorganisme. Nah oleh sebab itu zat ini bisa membuat pencernaan menjadi sehat. Caranya hanya dengan merebus daun singkong muda yang dimakan secara mentah sebagai lalapan. Manfaat daun pepaya lebih hebat daripada obat kimiawi yang berefek samping.

5. Menambah Nafsu Makan


Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah ramuan penambah nafsu makan. Bagi anda yang susah makan atau kehilangan nafsu makan, ada baiknya untuk membuatnya di rumah. Caranya adalah dengan memblender daun papaya yang diberi garam dan air. Nah sangat mudah bukan caranya? Selain hal tersebut, manfaat daun pepaya masih sangat banyak.

Demikian artikel tentang manfaat daun pepaya. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan anda. Jangan lupa untuk terus hidup sehat dan membuat pola hidup sehat.