6 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Siapa sih yang tidak suka makan buah? Makan buah selain untuk menjaga kesehatan juga untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Buah selain memiliki rasa yang segar dan juga enak, juga memiliki kekhasan yang unik. Misalnya buah yang segar dan berair seperti melon dan semangka. Buah yang halus dan mudah dicerna seperti pisang dan pepaya. Dan banyak lagi buah-buahan yang bisa dikonsumsi sebagai pemenuhan kebutuhan tubuh. Buah yang dicari manfaatnya juga amat banyak. Seperti halnya manfaat jambu biji yang banyak dicari karena bisa untuk memenuhi hal tertentu.

Manfaat jambu biji memang tak diragukan lagi. Banyak riset atau penelitian yang menyebutkan kalau buah jambu biji memiliki banyak kandungan vitamin dan bisa membantu untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Kandungan senyawa dalam jambu biji juga mampu untuk menawar beberapa penyakit. Dipercaya kalau mengonsumsi untuk memperoleh manfaat jambu biji yang bisa dilakukan secara rutin.

Manfaat jambu biji yang paling terkenal adalah kandungan vitamin C nya yang sangat ampuh untuk mencegah beragam penyakit. Jambu biji banyak ditemui di Asia. Macam-macam jambu biji juga beragam. Ada jambu biji Bangkok, Jambu biji merah, dan banyak lagi. Apalagi kini banyak yang bisa merekayasa tanaman sehingga bisa menghilangkan dua jenis jambu agar memperoleh hasil yang unggul.

Dibandingkan dengan buah lainnya, jambu memiliki banyak kelebihan untuk diperoleh manfaat jambu biji. Yuk kita simak manfaat jambu biji yang sebaiknya kita ketahui:

1. Mencegah darah Tinggi (Hipertensi)

Manfaat jambu biji yang pertama adalah untuk mencegah timbulnya darah tinggi. Jambu biji memiliki kandungan senyawa yang membuat darah tak menebal. Bagi yang memiliki riwayat gen darah tinggi boleh dicoba mengonsumsi jambu biji secara rutin. Jambu biji sangat kaya akan serat, sehingga mampu membantu tubuh untuk menghilangkan beragam penyakit yang bisa mengganggu tubuh kita. Aktivitas pun akan kembali lancar. Jambu menurunkan tekanan darah dan membuat kerja jantung semakin membaik.

2. Mencegah Diabetes

Seperti halnya buah mengkudu, buah jambu biji pun bisa mencegah datangnya diabetes. Tingginya serat pada manfaat jambu biji bisa membantu penyerapan gula oleh tubuh. Maka dari itu bagi yang memiliki permasalahan terkait gula darah bisa mengonsumsi jambu biji sesuai dengan porsinya. Bisa dengan membuat jus segar tanpa tambahan gula atau pun bisa dengan madu alami. Manfaat jambu biji bisa diperoleh dengan mengonsumsi secara rutin.


3. Menyehatkan Tiroid

Manfaat jambu biji yang ketiga adalah menyehatkan tiroid. Ini maksudnya menstabilkan hormon yang bisa membuat tubuh bisa metabolis secara sempurna. Pokoknya jambu biji bisa untuk kesehatan tubuh manusia. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar yang penting di dalam tubuh manusia. Maka kalau kelenjar ini terkena gangguan bisa sangat mengganggu fungsi organ tubuh yang lain.

4. Menyembuhkan Diare

Sudah sangat terkenal sekali kalau jambu biji bisa menyembuhkan diare. Manfaat jambu biji bisa menyembuhkan diare karena senyawa astringents yang terkandung dalam jambu biji bisa melindungi perut dari diare. Daun jambu biji juga bisa menyembuhkan diare. Seperti kita tahu, pada iklan sebuh obat diare yang mempergunakan daun jambu biji.

5. Membantu Pemulihan Demam dan Batuk

Bagi yang terkena demam seperti demam berdarah sangat dianjurkan meminum jus jambu yang bisa menyembuhkan atau memulihkan trombosit. Kandungan jambu biji bisa membuat penderita demam bisa cepat pulih. Manfaat jambu biji memang sangat luar biasa bukan? Ya benar sekali, manfaat jambu biji sangat banyak bagi manusia.

6. Untuk Diet

Bagi yang diet, jangan lupa mengonsumsi jambu biji. Manfaat jambu biji juga bisa membantu untuk diet lho. Kandungan seratnya mampu membuat perut kenyang lama. Nah, bagi yang diet jangan lupa untuk memakan buah jambu biji yang segar ini. Pokoknya tak rugi lho memakan buah yang ranum ini. Mantab, selain rasanya yang manis juga manfaatnya banyak.

Demikianlah artikel tentang jambu biji dan manfaatnya. Semoga bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan anda. Jangan lupa untuk terus mengonsumsi buah demi kesehatan anda.