Manfaat Daun Sirsak Dalam Pengobatan Tradisional di Lingkungan Masyarakat

Dikenalkan pada masa pemerintah Hindia-Belanda pada abad ke-19, tanaman sirsak yang memiliki bahasa latin Annona muricata Linn merupakan tanaman tropis yang tumbuh subur pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Tanaman yang dapat tumbuh mencapai tinggi 9 meter ini, memiliki beberapa khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dalam hal ini, manfaat daun sirsak menjadi pokok dari setiap pengobatan untuk melawan berbagai penyakit.

Sekilas Mengenai Buah Sirsak

Buah yang dikenal dengan nama Belandanya zuurzak atau bisa diartikan sebagai kantung yang asam ini memiliki berat mencapai 2,5 kg per buah. Selain manfaat daun sirsak yang menjadi bahan penelitian para peneliti, pada dasarnya buah sirsakpun juga memiliki khasiat untuk mengobati sariawan karena kandungan vitamin C di dalamnya. Akan tetapi, dewasa ini berbagai penelitian tidak hanya difokuskan pada khasiat buah sirsak, melainkan manfaat daun sirsak dalam dunia kesehatan.

Telah diketahui bahwa manfaat daun sirsak itu sendiri telah mendapat pengakuan dari dunia medis sebagai kemoterapi. Berawal pada tahun 1965, sebuah studi yang meneliti tentang manfaat daun sirsak membuktikan bahwa kandungan senyawa kimia yang terdapat di dalamnya merupakan senyawa anti kanker yang 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi dalam pengobatan kanker.

Semenjak saat itu, berbagai penelitianpun dilakukan oleh beberapa peneliti untuk mengetahui lebih dalam mengenai manfaat daun sirsak dan mereka menyebutkan bahwa manfaat daun sirsak dapat melawan 12 jenis kanker yang di antaranya adalah kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas. Salah satu penyebab mengapa daun sirsak dapat digunakan sebagai kemoterapi adalah kandungan senyawa kimia yang berupa acetogenin yang efektif dalam membasmi sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak itu sendiri dapat dilakukan dengan merebus daun sirsak serta mengkonsumsi air rebusan tersebut secara rutin dalam waktu 2 minggu.

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Beberapa manfaat daun sirsak yang juga tidak kalah menakjubkan adalah sebagai obat wasir. Penyakit yang kemungkinannya disebabkan oleh ketidakteraturan BAB, kurangnya olahraga maupun adanya tekanan intra-abdomen sehingga menimbulkan pembengkakan pada anus ini dapat diatasi dengan daun sirsak ini. Manfaat daun sirsak pada penderita wasir dimaksudkan untuk mengurangi pembengkaan maupun peradaangan yang ada.

Dalam hal ini, cara kerja daun sirsak dalam mengobati wasir adalah dengan bantuan senyawa kimia seperti fitosterol, alkaolida, fruktosa, lemak protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A maupun vitamin B. Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak sebagai pengobatan penyakit wasir dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak. Dengan adanya manfaat daun sirsak ini, diharapkan pembengkaan yang ada pada anus akan semakin berkurang. Selain itu, dengan mengkonsumsi rebusan daun sirsak, pendarahan yang ada pada anus akan berhenti. Di sisi lain, hal ini juga menjadikan otot-otot yang ada pada anus kencang serta membuat dubur menjadi rileks dan penderita wasir pada akhirnya mendapatkan manfaat daun sirsak yang sebenarnya.

Selain digunakan untuk mengobati wasir, manfaat daun sirsak juga bisa digunakan oleh seseorang yang menderita kolesterol. Ketika seseorang menderita kolesterol, maka ada kemungkinan orang tersebut terkena penyakit jantung, stroke maupun diabetes. Untungnya, penyakit yang dikarenakan oleh tingginya kolesterol di dalam tubuh yang melebihi 240 mg ini bisa diatasi dengan memanfaatkan daun sirsak. Dalam hal ini, penderita koolesterol dapat mengambil manfaat daun sirsak yang berupa tingginya kandungan antioksidan yang ada di dalamnya untuk mengusir kolesterol jahat dalam tubuh sehingga kandungan kolesterol di dalam tubuh menjadi lebih terkontrol.

Cara Pengolahan Daun untuk Obat

Untuk merasakan manfaat daun sirsak, maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirsak dan mengkonsumsi air rebusan tersebut dua kali sehari. Dengan demikian, dapat dipastikan penderita kolesterol tersebut dapat mengambil manfaat daun sirsak serta akan memiliki tingkat kolesterol yang normal yaitu 160-240 mg.

Dengan adanya daun sirsak yang merupakan kemoterapi yang sangat kuat, diharapkan jumlah penderita kanker di Indonesia akan semakin berkurang karena senyawa kimia yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi, manfaat daun sirsak tidak hanya dimanfaatkan hanya sebatas obat wasir maupun kanker, akan tetapi sebagai obat asam urat maupun diabetes. Selain itu, seseorang juga bisa mengambil manfaat daun sirsak untuk mengatasi keluahan seputar kecantikan seperti jerawat, komedo, kulit yang tidak kencang serta permasalahan lain seputar kesehatan kulit.

Oleh karena itu, dengan adanya manfaat daun sirsak yang berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit, maka sudah selayaknya masyarakat mulai beralih untuk memanfaatkan penggunaan obat herbal dari pada obat-obatan berbahan kimia yang beredar di pasaran.